Ketika Domba Menjadi Pemancar WiFi di Pedesaan

Ketika Domba Menjadi Pemancar WiFi di Pedesaan

peneliti dari Lancaster University punya ide brilian untuk mengatasi kesulitan mendapatkan sinyal internet di daerah pedesaan. Mereka berencana untuk mengubah domba-domba yang banyak ada di pedesaan menjadi pemancar WIFi.

Profesor Gordon Blair dan timnya sedang melakukan uji coba untuk sebuah proyek yang mereka harapkan dapat mempelopori proyek “Internet of Things” (IoT project).

Mereka berencana untuk memasangkan kalung pada domba-domba untuk memonitor pergerakannya, dan memasang sensor ditepikan sungai untuk mengukur tingkat erosi.

Mereka berharap dapat memperoleh informasi berharga mengenai daerah pedesaan. Tidak hanya itu, mereka juga mengatakan kalung-kalung yang terpasang dapat digunakan sebagai pemancar WiFi.

“Daerah pedesaan memiliki masalah mulai dari perubahan lingkungan yang hampir tidak kentara sampai banjir yang berdampak besar, “ kata Profesor Blair, seperti dikutip dariMetro, Jumat (13/2/2015).

Sejauh ini, daerah perkotaan telah menggunakan teknologi tersebut. Teknologi ini digunakan untuk mengatur lalu lintas, memantau kadar pencemaran udara, bahkan untuk mencari tempat parkir

Kalung ini dapat mengirim data sejauh 5 kilometer, dan dapat menjadi pemancar WiFi darurat bagi orang yang tersesat.

Sumber : http://goo.gl/GAkpFI